Pribumisasi Al-Qur’an


Pribumisasi Al-Qur’an: Tafsir Berwawasan Keindonesiaan

buku Pribumisasi Al-Qur’an
Penulis:M. Nur Kholis Setiawan
Penerbit:Kaukaba, Yogyakarta
Cetakan:Pertama, Mei 2012
Tebal:260 halaman
Ukuran:-
Langsung Menuju : Kondisi dan Harga | Kilas Buku | Beli Buku Ini



Harga dan Kondisi

Pengantar:-
ISBN:978-602-98694-3-9
Kondisi:Buku Baru, Bersegel
Stok:Cukup.
Harga Lama:Rp 40.000,- / eks
Harga Baru:Rp 32.000,- / eks (harga diskon)
Langsung Menuju : Data Buku | Kilas Buku | Beli Buku Ini





Kilas Buku

Kenapa tafsir di era kontemporer terasa kurang memberikan pencerahan? Sebab, materi tafsir tidak berorientasi pada kebutuhan. Kurikulum pengajaran tafsir, baik di Perguruan Tinggi Agama Islam maupun lembaga pendidikan Islam, semisal Pesantren dan Madrasah, misalnya, belum diawali dengan pijakan filosofis apa, kapan, mengapa, dan bagaimana disiplin ini penting dalam diskursus keislaman secara umum.

Di samping itu, desain materinya masih didominasi issu keagamaan semata seperti ayat-ayat hukum, ibadah, serta lainnya, dan belum banyak diarahkan kepada persoalan-persoalan kontemporer, seperti etika lingkungan, kemiskinan, kesejahteraan ekonomi, gender, serta persoalan sosial lainnya.

Fenomena inilah yang menjadi pijakan epistemologis dalam penulisan buku ini. Buku ini merupakan ikhtiyar penulis untuk mengisi kekurangan kajian al-Qur’an/tafsir al-Qur’an yang tidak saja menganut model tematik, melainkan juga didasari oleh kebutuhan konteks keindonesiaan. Hal ini dilandasi oleh kurangnya produk kajian dalam tafsir al-Qur’an yang berorientasi pada kebutuhan keindonesiaan kontemporer. Rujukan-rujukan kajian tafsir yang banyak digunakan, baik di kalangan Perguruan Tinggi Islam, pesantren, lembaga pendidikan keislaman, masih didominasi oleh karya tafsir klasik dan pertengahan, yang tidak banyak menyentuh konteks keindonesiaan tersebut.

Penentuan tema dalam buku ini cukup beragam, dari persoalan keluarga, lingkungan hidup, korupsi, ketenagakerjaan, pernikahan beda agama serta kebinekaan. Antara satu tema dengan tema lain bisa jadi tidak saling berhubungan, akan tetapi semuanya mencerminkan pola pengelaborasian makna al-Qur’an secara tematis. Di samping itu, tema-tema yang ditulis merupakan beberapa persoalan yang ditemukan di Indonesia.


Langsung Menuju : Data Buku | Kondisi dan Harga | Beli Buku Ini




Beli Buku Ini

Ada beberapa pilihan cara untuk membeli atau memesan buku ini. Silahkan Anda pilih dengan terlebih dahulu menuju halaman ini (klik untuk membukanya).

Anda juga bisa langsung menghubungi kami via SMS, Yahoo Messenger (YM), atau melengkapi formulir pembelian berikut ini.


untuk melakukan pembayaran, silahkan baca panduan "Cara Pembayaran".
Terimakasih atas kepercayaan dan kerjasamanya


Langsung Menuju : Data Buku | Kondisi dan Harga | Kilas Buku

Tags:
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

KABARE BUKU

selain berkabar tentang adanya buku, kami juga melayani pembelian buku-buku tertentu. Khususnya, buku-buku yang informasi harganya telah kami sampaikan bersamaan kabar masing-masing buku. Silahkan Baca : Cara Beli Buku di KABARE BUKU.

0 komentar

Leave a Reply